Jumat, 28 Maret 2008

Menang Melawan Diri Sendiri

Motivasi sangat penting bagi kesuksesan di tempat kerja sekaligus bagi kehidupan pribadi yang memuaskan. Karena itu, belajar cara memperbaiki motivasi takkan sia-sia. Richard Denny menantang siapa saja untuk tidak meraih prestasi lebih besar dengan teknik-teknik dalam buku ini, seperti tips dalam membangun percaya diri. Richard Denny menyebutnya sebagai enam langkah dalam membangun percaya diri: 1) Menjauhkan diri dari alas an; 2) Menggunakan kekuatan gambar; 3) Jngan takut gagal; 4) Penampilan dapat membangun percaya diri; 5) Kumpulkan catatan sukses di masa lampau; 6) Jadilah seorang yang realis positif.


Judul Buku : Motivate to Win
Penulis : Richard Denny
Penerbit : Gramedia, Jakarta
Tahun Terbit : Cetakan I, 2007
Tebal : xi + 211 halaman
Harga : Rp. 40.000,00
Peresensi: M. Haninul Fuad*)


Barangkali benar kata pepatah “musuh terbesar manusia adalah dirinya sendiri”. Sukses menaklukkan diri sendiri berarti sukses pula dalam menjalani kehidupan ini. Gagal dalam memanage diri sendiri berarti pula telah gagal menjalani kehidupan. Bagaimana mungkin seseorang yang gagal dalam memotivasi diri sendiri dapat menjadi pemimpin yang baik bagi orang banyak?

Richard Denny seorang penulis bestseller Internasional, Selling to Win, berbagi trik dalam memotivasi diri sendiri dan orang lain. Adalah benar bahwa kesuksesan merupakan hak setiap orang. Tetapi, sedikit orang yang tahu bahwa sebagian besar orang yang sukses selalu diawali dari kesuksesan-kesuksesan kecil. Dalam bukunya yang berjudul “Motivate to Win” Richard berusaha menyibak tabir kesuksesan.


Motivasi sangat penting bagi kesuksesan di tempat kerja sekaligus bagi kehidupan pribadi yang memuaskan. Karena itu, belajar cara memperbaiki motivasi takkan sia-sia. Richard Denny menantang siapa saja untuk meraih prestasi lebih besar dengan teknik-teknik dalam buku ini, seperti tips dalam membangun percaya diri, Richard Denny menyebutnya sebagai enam langkah dalam membangun percaya diri yaitu: Menjauhkan diri dari alasan; Menggunakan kekuatan gambar; Jngan takut gagal; Penampilan dapat membangun percaya diri; Kumpulkan catatan sukses di masa lampau; Jadilah seorang yang realis positif (halaman 73).


Begitulah gaya Richard Denny memberikan tips-tips untuk membangkitkan motivasi. Sebagian besar isi buku “motivate to win” yang ditulisnya ini berisi tentang langkah-langkah praktis yang dapat langsung kita praktekkan dalam kehidupan kita. Sebagai contoh, dalam bagian tujuh buku ini “Memotivasi Orang” Richard Denny merekomendasikan sembilan langkah untuk kita, yaitu:
Jadilah pendengar yang baik; Bersikaplah bisa dipercaya; Tangkap basah mereka yang melakukan sesuatu dengan benar; Tunjukkan anda percaya pada mereka; Jadilah pembawa berita yang baik; Tetapkan tangtangan-tantangannya; Berhati-hatilah terhadap tantangan negatif; Hindari sikap sarkasme; Tarik orang-orang yang telah meraih sukses (halaman 105)

Dalam hal pengungkapan, buku ini menggunakan bahasa yang terkadang sulit untuk dipahami khususnya oleh para remaja. Padahal, substansi atau isi dari buku ini sangat penting untuk meraih sukses dengan cepat. Pengungkapan dengan bahasa yang lebih sederhana sebenarnya akan menjadikan buku ini lebih enak dibaca dan menghilangkan kesan buku ini hanya untuk segmen pembaca tertentu saja.


Akhirnya, buku ini akan menjadi salah satu sumber inspirasi bagi siapa saja yang membacanya untuk sukses memotivasi diri sendiri dan orang lain. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, buku “Motivate to Win” mengisi ruang kosong dalam pencapaian kesuksesan!

M. Haninul Fuad adalah penggiat Taman Baca, Pustakawan, tinggal di Malang

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Mas aku maw kasi masukan. resensi bukunya sih bagus-bagus semua, tapi lebih mantap lagi kalo sekalian di kasi harga bukunya. biar kalau ada yang pingin baca bukunya bisa menganggarkan danamya. tnQ